top of page

Gelar Wisata Code 2018 - Blusukan Kangen Kampung

Event Blusukan Kangen Kampung Wisata Kali Code merupakan bentuk lain dari penggelaran Wisata Code, event ini diharapkan dapat meningkatkan terawatnya dan masyarakat sadar wisata di bantaran Kali Code. Untuk menyemarakkan event ini, secara bersamaan juga diadakan workshop membuat topeng berbahan limbah kertas, bersama Sanggar Topeng Koran Yogyakarta, dan juga lomba masak berbahan ikan dan juga kegiatan lainnya.


Lewat workshop membuat topeng berbahan limbah ini masyarakat di edukasi bagaimana cara pengolahan sampah menjadi suatu karya yang bisa menjadi nilai tukar atau menjadi suatu penghasilan, dan ini juga suatu cara untuk mengasah kreatifitas masyarakat dalam bentuk pemanfaatan sampah yang awalnya tidak berguna menjadi suatu karya yang menarik.


Untuk meramaikan event tersebut, digelar pertunjukan jathilan & genduk terban atau dikenal dengan sebutan kuda lumping, ini adalah salah satu tarian yang sudah dikenal lama oleh masyarakat Yogyakarta dan juga merupakan suatu kegiatan untuk melestarikan budaya yang sudah ada, dan juga suatu bentuk kegiatan untuk mempromosikan wisata Kali Code.

 

Selanjutnya, untuk meramaikan gelar Potensi Wisata Code, digelar Bazar Kuliner Kampung, yang berisi aneka makanan dan jajanan tradisional. Dan malam puncak, diisi pagelaran Karawitan Cokrowiromo, Sanggar Tari Tedjo Budoyo, dan ditutup dengan penampilan musik dari Band Flamboyan.

Selama event berlangsung masih ada kendala yang di temukan, dimana lahan parkir perlu di perbanyak, aksesibilitas masih belum memadai dan informasi terkait event yang masih belum optimal dipublikasikan.


Harapannya aksesibilitas atau kendala-kendala lain yang masih belum memadai kiranya dapat ditingkatkan lagi agar Wisata Kali Code dapat menjadi berkembang menjadi lebih baik lagi.

bottom of page